Manfaat Dari Buah yang Kurang Populer
Jumat, 31 Juli 2020


Walaupun buah kesemek di Indonesia tidak populer seperti melon. anggur dan apel. Akan tetapi buah kesemek mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kesemek adalah buah yang berasal dari Tiongkok dan sudah ditaman semenjak ribuan tahun yang lalu. Buah kesemek terasa manis, hampir semanis madu. Meskipun buah kesemek memiliki ukuran yang kecil, tapi buah ini memiliki begitu banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Satu buah kesemek yang memiliki berat 168 gram memiliki kandungan nutrisi seperti : 

  • 118 kalori
  • 31 gram karbohidrat
  • 1 gram protein
  • 0,3 gram lemak
  • 6 gram serat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B6
  • Kalium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Folat
  • Magnesium
  • Fosfor


Selain mengandung vitamin dan juga mineral, buah kesemek juga mengandung berbagai senyawa antioksidan seperti flavonoid, tanin dan karotenoid. Inilah beberapa manfaat yang terdapat dalam buah kesemek :

1. Antikanker

Buah kesemek adalah buah yang kaya akan antioksidan, yang merupakan senyawa yang dapat membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas bisa merusak sel yang sehat hingga berkembang menjadi sel kanker dan akan merusak sistem organ pada tubuh. Menurut sebuah penelitian karotenoid dan katekin yang terdapat dalam buah kesemek bisa berperan sebagai antikanker yang cukup kuat. . Tidak hanya itu saja, kesemek juga mempunyai kandungan antioksidan lainnya seperti vitamin C, vitamin A, beta kariten dan juga flavonoid. Flavonoid yang terletak di bagian daging dan kulit buah kesemek juga merupakan senyawa antioksidan yang kuat, senyawa ini juga dapat membantu menurunkan resiko kanker paru akibat penuaan. Sebuah studi juga mengatakan diet tinggi beta karoten juga berhubungan erat dengan penurunan resiko penyakit jantung, kanker paru, kanker usus dan juga penyakit-penyakit metabolik seperti diabetes.

2. Mengurangi peradangan

Buah kesemek bahkan memiliki kandungan senyawa antiradang yang mampu memulihkan peradangan dalam tubuh Saat tubuh mengalami peradangan, biasanya tubuh akan memproduksi protein C- reaktif dan juga inteleukin-6. Agar bisa dinetralkan, maka tubuh membutuhkan asupan vitamin C yang cukup. Vitamin C berperan untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dengan cara memberikan elektron pada molekul-molekul yang sudah tidak stabil. Dengan begitu, tubuh akan bisa terhindar dari kerusakan lanjutan.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan juga antioksidan dalam buah kesemek juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah hebat dari kandungan-kandungan sebelumnya. Buah kesemek mengandung 55% persen vitamin A lebih banyak dari yang direkomendasikan para ahli kesehatan. Vitamin A adalah komponen yang penting dari rhodopsin yang merupakan protein yang sangat dibutuhkan tubuh untuk melihat secara normal. Tidak hanya itu saja, Vitamin A juga dapat membantu fungsi dari selaput konjungtiva dan kornea. Senyawa lutein dan zeaxanthin dalam buah kesemek juga bisa mengurangi resiko penyakit mata, termasuk degenerasi makula. Degenerasi makula sendiri adalah sebuah penyakit mata yang menyerang bagian retina hingga bisa menyebabkan kebutaan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah kesemek juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan asam askrobat yang ada dalam buah ini mampu memenuhi 80% kebutuhan vitamin C harian. Dalam penelitian yang pernah diterbitkan Journal of Food Quality jika vitamin C bisa merangsang sistem kekebalan tubuh. Dengan cara meningkatkan sel darah putih yang akan menjadi tameng bagi tubuh manusia dari infeksi mirkroba, virus, jamur dan racun yang akan menyerang tubuh.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Seperti kebanyakan buah yang kita ketahui, buah kesemek juga bisa menjadi sumber serat yang baik bagi tubuh kita. Serat berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan kita untuk tetap sehat. Bahkan serat juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari kanker kolorektal, atau kanker usus besar. Serat juga juga sangat dibutuhkan bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

6. Menjaga kesehatan jantung

Semua kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah kesemek sangat membantu sekali dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung Selain mengandung flavonoid, buah ini juga mengandung quercetin dan kaempferol. Dalam pernyataan yang dirilis oleh American Journal Clinical of Nutrition, ditemukan fakta yang menakjubkan. Orang yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung flavonoid memiliki resiko 18% lebih rendah untuk mengalami kematian akibat serangan jantung. Bahkan, makanan yang mengandung flavonoid dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh, serta mengurangi peradangan. Kandungan tanin yang terdapat dalam buah kesemek bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

7. Melawan penuaan dini

Buah ini tidaknya mengandung vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi radikal bebas, buah kesemek juga bisa melawan penuaan dini. Kandungan senyawa seperti vitamin A, beta karoten, lutein, likopen dan cryptoxanthin juga memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini. Dalam sebuah penelitian, jenis polifenol tertentu yang terdapat dalam buah kesemek memiliki peran untuk mencegah oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan. Oleh karena itulah, memakan buah ini akan dapat membantu memperlambat penuaan dini seperti munculnya keriput, melemahnya otot, bahkan bintik cokelat yang ada di wajah.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Wabah Semasa Shakespeare

Shakespeare menjalani seluruh hidupnya dalam bayang-bayang penyakit pes. Pada 26 April 1564, dalam daftar paroki Holy Trinity Church di...

- Copyright © Hoya Group - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -