Makhluk Penebar Tulang
Kamis, 16 Juli 2020


Salah satu legenda urban populer di kalangan rakyat Kolumbia dan Venezuela adalah kisah mistis tentang makhluk bernama El Silbon. El Silbon adalah sesosok mahkluk yang dikutuk, kemudian berkeliaran diambil membawa kantong yang berisi tulang belulalng. Konon, makhluk itu adalah seorang anak yang dikutuk oleh kakeknya. Hantu ini dikatakan gemar menebar tulang di setiap rumah yang ia kunjungi. Menurut mitos yang beredar, El Silbon diketahui memiliki kisah hidup yang begitu kelam dan tragis saat masih menjadi manusia. Sebelum dikutuk, anak itu dicambuk oleh sang kakek. Tidak hanya sampai di situ, juga mengoleskan cabai dan lemon pada luka bekas cambukannya.

Saat masih hidup, dia adalah seorang anak tunggal yang tumbuh dalam keluarga yang kecil di Venezuela. Namun, dia malah tumbuh menjadi anak manja yang sombong dan tidak mematuhi kedua orang tuanya. Sebagai anak yang suka menuntut, anak itu merasa tak puas karena sang ayah tak bisa mendapatkan daging rusa untuknya. Diapun marah karena kemauannya tidak terpenuhi dan melakukan hal yang sangat buruk terhadap ayahnya. Anak kecil itu membunuh ayahnya dan mengeluarkan usus sang ayah untuk dimasak oleh ibunya, tanpa sepengetahuan ibunya. 

Karena kejahatannya, anak itu dikutuk dan diusir dari rumah sambil membawa sebuah tas penuh tulang belulang ayahnya. Perbuatan keji anak tersebut terhadap ayahnya juga terdengar hingga ke telinga kakeknya. Setelah mengetahui hal mengerikan ini, sang kakek langsung mengambil tindakan dengan mencambuk punggung anak tersebut hingga nyaris tewas. Kemarahan sang kakek juga diluapkan dengan mengolesi bekas luka cambuk anak tersebut dengan cabai dan lemon. Kakeknya yang murka bahkan melepaskan anjing-anjing ganas untuk menghabisi anak tersebut. Sebelum anak tersebut tewas dicabik-cabik anjing, kakeknya memberikan sumpah kutukan kepadanya hingga akhirnya menjadi arwah penasaran bernama El Silbon. 

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, El Silbon masih berkeliaran, bersiul, dan berjalan memasuki rumah tanpa disadari oleh si pemilik rumah. Saat menampakkan diri, El Silbon dikisahkan selalu membawa kantong berisi tulang yang dahulu diberikan kakeknya. Ia akan meletakkan tasnya di lantai dan menghitung tulang-tulang di dalamnya. Menurut mitos yang beredar, pemilik rumah yang didatangi El Silbon dapat mengalami nasib buruk atau baik. Jika ia pergi tanpa ada yang menyadarinya, berarti anggota keluarga di rumah itu akan yang mati. Apabila hal yang terjadi sebaliknya, maka penghuni rumah tersebut dipercaya dapat mengubah kesialan menjadi keberuntungan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Wabah Semasa Shakespeare

Shakespeare menjalani seluruh hidupnya dalam bayang-bayang penyakit pes. Pada 26 April 1564, dalam daftar paroki Holy Trinity Church di...

- Copyright © Hoya Group - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -